20 January 2016

Belajar, Berdoa, Ujian, Tawakkal

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat ilahi robbi, saya panjatkan setinggi-tingginya. Ujian term awal telah selesai saya lalui. Langkah saat ini adalah bertawakkal, menyerahkan urusan sepenuhnya kepada Allah ta'ala. Karena ialah dzat yang maha adil, lagi maha menentukan.


Dalam menyikapi ujian di kampus, kami biasa menganut teori: belajar, berdoa, kemudian bertawakkal. Adapula yang menambahinya dengan bersedekah.


Belajar adalah kewajiban kami sebagai mahasiswa. Berdoa adalah hal yang sepatutnya dilakukan oleh orang yang beriman. Dan bertawakkal, adalah puncak daripada iman. Ketika seorang hamba merasa bahwa sudah tidak ada lagi daya dan upaya, kecuali berharap akan ketentuan Allah setelahnya, yang memuaskan.


Namun apabila Allah berkehendak lain, tidak sepatutnya bagi seorang hamba untuk tidak menerima. Tidak ada hak bagi seorang hamba untuk menolaknya. Orang yang bijak akan selalu mengambil hikmah yang terkandung dalam setiap kejadian, dalam setiap ketentuan Allah ta'ala.


Akhirnya, saya berharap, semoga hasil daripada ujian yang telah saya lalui ini, memuaskan. Semoga Allah sudi memberikan saya anugrah, dan mengizinkan saya untuk berbahagia merayakan kelulusan. Dan kepada segenap saudara dan saudari, juga sudi kiranya agar mengamini doa saya ini. Terima kasih :)

Kairo, 20 Januari 2016


Lokasi: Atlantic Ocean

0 komentar:

Post a Comment